Dan hal tersebut mungkin disebabkan oleh minyak yang beliau kenakan pada rambut beliau, sebagaimana yang dijelaskan oleh Syaikh Abdurrazzaq dalam Syarh beliau dalam kitāb Asy Syamāil.
• Faedah ketiga | Walaupun pada hadīts ini, disebutkan bahwa beliau memakai baju hijau, bukan berarti memakai baju hijau ini sunnah, namun (kata para ulamā) hukum maksimal memakai baju hijau adalah boleh (mubah).
Kemudian hadīts terakhir dalam bab ini, adalah hadīts nomor 44.
Al Imām At Tirmidzī berkata :
حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مَنِيعٍ قَالَ: حَدَّثَنَا سُرَيْجُ بْنُ النُّعْمَانِ قَالَ: حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ
[قَالَ عَبْدُ الرَّحْمَنِ بنُ مَهْدِيٍّ: لَوْ قِيْلَ لِحَمَّادِ بنِ سَلَمَةَ: إِنَّكَ تَمُوْتُ غَداً، مَا قَدِرَ أَنَّ يَزِيْدَ فِي العَمَلِ شَيْئاً.
قُلْتُ (الذهبي): كَانَتْ أَوْقَاتُهُ مَعْمُوْرَةً بِالتَّعَبُّدِ وَالأَوْرَادِ.
وَقَالَ عَفَّانُ: قَدْ رَأَيتُ مَنْ هُوَ أَعبَدُ مِنْ حَمَّادِ بنِ سَلَمَةَ، لَكِنْ مَا رَأَيتُ أَشدَّ مُوَاظِبَةً عَلَى الخَيْرِ، وَقِرَاءةِ القُرْآنِ، وَالعَمَلِ للهِ -تَعَالَى- مِنْهُ.
قَالَ مُوْسَى بنُ إِسْمَاعِيْلَ التَّبُوْذَكِيُّ: لَوْ قُلْتُ لَكُم: إِنِّيْ مَا رَأَيتُ حَمَّادَ بنَ سَلَمَةَ ضَاحِكاً، لَصَدَقْتُ، كَانَ مَشْغُوْلاً، إِمَّا أَنْ يُحَدِّثَ، أَوْ يَقْرَأَ، أَوْ يُسبِّحَ، أَوْ يُصَلِّيَ، قَدْ قَسَّمَ النَّهَارَ عَلَى ذَلِكَ. قَالَ يُوْنُسُ بنُ مُحَمَّدٍ المُؤَدِّبُ: مَاتَ حَمَّادُ بنُ سَلَمَةَ فِي الصَّلاَةِ فِي المَسْجِدِ
سَمِعْتُ بَعْضَ أَصْحَابِنَا يَقُوْلُ: عَادَ حَمَّادُ بنُ سَلَمَةَ سُفْيَانَ الثَّوْرِيَّ، فَقَالَ سُفْيَانُ: يَا أَبَا سَلَمَةَ! أَتُرَى الله يَغْفِرُ لِمِثْلِي؟
فَقَالَ حَمَّادٌ: وَاللهِ لَوْ خُيِّرْتُ بَيْنَ مُحَاسَبَةِ اللهِ إِيَّاي، وَبَيْنَ مُحَاسَبَةِ أَبَوَيَّ، لاَخْتَرْتُ مُحَاسَبَةَ اللهِ، وَذَلِكَ لأَنَّ اللهَ أَرحَمُ بِي مِنْ أَبَوَيَّ.ت : 167 هـ عَنْ سِمَاكِ بْنِ حَرْبٍ[ت 123 هـ
أَدْرَكْتُ ثَمَانِيْنَ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ -صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- وَكَانَ قَدْ ذَهَبَ بَصَرِي، فَدعوتُ اللهَ -تَعَالَى- فَرَدَّ عَلَيَّ بَصَرِي.
قَالَ: قِيلَ لِجَابِرِ بْنِ سَمُرَةَ: أَكَانَ فِي رَأْسِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ شَيْبٌ؟ قَالَ: «لَمْ يَكُنْ فِي رَأْسِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ شَيْبٌ إِلَّا شَعَرَاتٌ فِي مَفْرِقِ رَأْسِهِ، إِذَا ادَّهَنَ وَارَاهُنَّ الدُّهْنُ» [صححه الألباني 32]
_Berkata Ahmad Ibnu Manī’._
Beliau adalah seorang ulamā yang menjadi guru dari Ashab Kutub As Sittah kecuali Bukhāri, seperti Imām Muslim, Abū Dāwūd, An Nassā’i, Ibnu Mājah, At Tirmidzī semuanya meriwayatkan dari Ahmad bin Manī’ ini secara langsung (mendengar dari beliau).
Sedangkan Imām Bukhāri meriwayatkan dari Ahmad Ibnu Manī’ ini melalui perantara (beliau tidak bertemu langsung atau meriwayatkan secara langsung dari beliau).
Ahmad Ibnu Manī’ adalah seorang penulis kitāb Musnad sebagaimana Imām Ahmad mempunyai musnad Ahmad, maka Ahmad bin Manī’ memiliki musnad hanya saja kitāb musnad yang beliau tulis termasuk kitāb-kitāb yang hilang (tidak sampai kepada kita).
_Berkata Suraij Ibnu An Nu’mān (meninggal pada hari raya ‘Iedul Adhā tahun 217) berkata Hammād ibnu Salamah (beliau ini sangat istimewa), Abdurrahmān bin Mahdī mengatakan:_
_”Andai saja dikatakan kepada Hammād bin Salamah, engkau akan mati besok, pasti Hammād bin Salamah tidak akan mampu menambah jumlah amalannya karena beliau telah memaksimalkan waktunya untuk beramal.”_
_Dan Imām Adh Dhahabi juga mengatakan:_
_”Waktunya Hammād bin Salamah itu selalu terpenuhi dengan beribadah.”_
_Dan Yūnus bin Muhammad Al Mu’adzib mengatakan:_
_”Bahwasanya Hammād bin Salamah meninggal dalam keadaan shalāt dimasjid”_
_Karena Hammād bin Salamah adalah seorang ahli ibadah, pernah dicerikan bahwasanya Sufyān Ats Tsauri (seorang ahli hadīts) ketika Hammād bin Salamah mengunjunginya bertanya:_
_”Wahai Abū Salamah, Apakah engkau menyangka bahwasanya Allāh itu mengampuni seorang sepertiku?”_
⇒ Ini bukan keraguan, bahwasanya Allā
Leave a Reply